Kamis, 14 Juni 2012

Bidadari di Kepulauan Seribu


Pulau Bidadari  merupakan salah satu pulau yang terdekat di Kepulauan Seribu. Berjarak sekitar 15 km dari Marina Ancol, Island Resort ini dapat ditempuh dengan speedboat hanya dalam waktu 20 menit.

Nama Bidadari sendiri baru digunakan pada tahun 1970-an, saat mulai dikelola secara professional. Pemilihan nama tersebut berdasarkan dari ama pulau lainnya di Kepulauan Seribu, seperti Pulau Putri dan Pulau Nirwana. Sebelumnya daratan dengan luas enam hektar ini bernama Pulau Sakit dan Pulau Purmerend.

Nama Purmerend diberikan oleh orang-orang belanda yang merupakan salah satu gemeente (kotamadya) Belanda yang terletak di provinsi Noord Holland. Nama Pulau Sakit diberikan ketika 1679 saat wabah lepra muncul, yang kemudian berlanjut dengan pendirian rumah sakit (rumah sakit tersebut pindahan dari Angke, Jakarta Utara).

Beberapa tahun setelah wabah lepra hilang, dibangunlah benteng Martello (1850). Benteng tersebut dibangun sebagai pertahanan dari serangan musuh, setelah armada laut Britania Raya melakukan serangan dan menghancurkan bangunan di pulau ini. Namun, di tahun 1883, bangunan berbentuk lingkaran ini hancur akibat terjangan gelombang Tidal letusan gunung Krakatau.


 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar