Selasa, 12 Juni 2012

Pasir Putih Hingga Batu Besar

Pasir putih, air laut berwrna hijau kebiruan yang jernih, serta batu granit berbagai ukuran menyebar hampir disepanjang bibir pantai.. Tiga hal tersebut yang membuat  Pantai Parai Tenggiri menjadi salah satu objek wisata favorit di Bangka. Terletak di daerah Matras, Sungailiat, Bangka Belitung, 40 km sebelah utara dari kota Pangkal Pinang.

Dahulu masyarakat Sungailiat menyebut dengan nama pantai Hakok, yang kemudian berubah menjadi pantai Tenggiri. Pantai Parai Tenggiri diapit oleh batu karang dan dibagian kiri terdapat pulau kecil dengan batu-batu besarnya, yang dinamakan Rock Island. Untuk menuju Rock Island pengunjung dapat berjalan kaki melalui jembatan.

Kawasan Pantai Parai Tenggiri saat ini telah ditetapkan sebagai kawasan wisata hijau karena pihak pengelola memiliki kepedulian besar terhadap usaha penyelamatan lingkungan. Atas penetapan tersebut terbukti kawasan Pantai Parai Tenggiri selalu bebas dari sampah-sampah dan sejuk dengan adanya pohon-pohon yang ditanami secara rapi.

Keindahan pantai parai ternyata tidak hanya di atas permukaan laut saja, tetapi juga di bawah permukaan laut. Hal tersebut terlihat dari pengunjung yang datang untuk snorkeling maupun diving.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar